Labels

gif maker
..:: PERSIAPKAN DIRI DENGAN SEMANGAT BELAJAR UNTUK SUKSES, BERSEMANGAT DAN DISIPLIN TANDA BERPRESTASI ::..

Jumat, 20 Mei 2011

WUJUD PRESTASI, ALUMNI SPENYOSI

Di era globalisasi sekarang ini untuk dapat berkembang dan bersaing di setiap aspek kehidupan tidak saja dibutuhkan keunggulan komparatif tetapi juga keunggulan kompetitif. Keunggulan kompetitif merupakan nilai lebih yang harus ada (Assegaf, 2004: 21). Nilai ini bisa tercipta dari sumber daya manusia (SDM) yang memiliki pengetahuan dan keterampilan. Peningkatan kualitas SDM sangat tergantung pada kualitas pendidikan di suatu negara, semakin baik kualitas pendidikannya, maka akan semakin baik pula SDM yang dihasilkan (out-put).

Pada masa sekarang ini banyak negara maju yang secara gencar mempromosikan pelayanan pendidikan yang ditawarkan melalui lembaga-lembaga pendidikan mereka. Hal ini menimbulkan dampak antara lain meningkatnya jumlah siswa yang belajar ke luar negeri, dibukanya kelas jauh yang berafiliasi ke lembaga di negara maju tersebut, dan pembelajaran jarak jauh (distance learning) melalui media internet, dan sebagainya (Tim Diknas, 2004: 4).



Pada akhirnya, bila suatu negara tidak segera berbenah dan berusaha meningkatkan kualitas pendidikannya, maka sudah pasti mereka hanya akan menjadi "komoditi" bagi bangsa lain. Indonesia dengan jumlah penduduk yang besar merupakan pasar potensial di bidang pendidikan untuk negara maju. Sangat dimungkinkan bahwa semakin banyak pelajar yang akan tertarik untuk belajar ke luar negeri di masa depan. Namun, sangat disayangkan jika keadaan ini benar-benar terjadi. Negara tentu akan kehilangan banyak devisa. Di samping itu, ada kemungkinan terkikisnya rasa kebangsaan dan kecintaan terhadap tanah air bagi generasi muda yang belajar di luar negeri.





Sebelum hal di atas menjadi kenyataan, maka pendidikan di Indonesia sebagai kunci utama peningkatan SDM harus segera dibenahi. Mencetak SDM berkualitas dan berwawasan internasional haruslah menjadi tujuan utama pendidikan di Indonesia. Peningkatan kualitas pendidikan dapat dilakukan dengan berbagai cara. Salah satunya adalah dengan penyelenggaraan kelas imersi. Kebijakan ini bisa menjadi jawaban bagi permasalahan utama untuk meningkatkan daya saing di dunia internasional. Kelas ini akan membekali para peserta didik dengan kemampuan berkomunikasi lisan dan tulisan dalam bahasa Inggris yang akan menjadi pintu gerbang penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi.


Dalam konteks ini, SMP Negeri 1 Yosowilangun yang bernaung di bawah Kementrian Pendidikan Nasional selangkah lebih maju dibanding sekolah-sekolah  di Kecamatan Yosowilangun pada khususnya dan di Kabupaten Lumajang pada umumnya. Konsep MPMBS (Manajemen Peningkatan Mutu Berbasis Sekolah) dan otonomi pengelolaan sekolah yang diberikan secara luas oleh pemerintah ternyata mampu diterjemahkan oleh SMP Negeri 1 Yosowilangun dengan baik. Sehingga SMP Negeri 1 Yosowilangun dengan berbagai kekurangan dan kelebihan yang dimilikinya, mampu menjadi salah satu sekolah unggulan di Kecamatan Yosowilangun.

Hal ini sudah dibuktikan dengan munculnya para alumni SMP Negeri 1 Yosowilangun yang sanggup bersaing di kancah pendidikan tingkat kabupaten. Banyak sekali alumni SMP Negeri 1 Yosowilangun yang mampu masuk ke sekolah favorit di SMA Kabupaten lumajang. Ini adalah wujud Prestasi yang diraih SPENYOSI dalam meraih prestasi di bidang akademik. Salah satu contohnya adalah M. Basofi seorang Siswa alumni SPENYOSI yang juga alumni SMA RSBI SMA Negeri 2 Lumajang, berhasil meraih Nilai Akhir Ujian Nasional Tertinggi di Kabupaten Lumajang (gambar atas). 

Mari dukung kami, agar kami terus berkreasi dalam meraih prestasi. Lajutkan perjuanganmu demi masa depan. Selamat Semoga Sukses 

2 comments:

MATERI PENDIDIKAN JASMANI mengatakan...

mana prestasi tahun 2011 ? khususnya olahraga ! ayo di update! oke ...?

MATERI PENDIDIKAN JASMANI mengatakan...

Prestasi th 2011 : PI juara 1 PERBASI CUP 2011, PA juara 2 PERBASI CUP 2011, PI juara 2 MAN CUP bola voli, PI Juara 1 BOLA BASKET O2SN 2011, PA Juara 2 BOLA BASKET O2SN 2011. PI juara 2 BOLA VOLI O2SN 2011

Posting Komentar