PROGRAM KELAS IMERSI
(IMMERSION CLASS PROGRAM)
A. Latar Belakang
Perkembangan dunia berjalan dengan pesat, persaingan menjadi semakin ketat. Hal ini menuntut kita untuk mampu bersaing. Kemampuan bersaing ditentukan oleh faktor daya saing, antara lain: Manajemen, Teknologi dan Sumber Daya Manusia.
Manajemen yang tangguh akan mampu meningkatkan efisiensi biaya dan efektifitas hasil. Keunggulan Teknologi akan mampu meningkatkan nilai tambah dan diversifikasi produk. Kita tahu bahwa keunggulan teknologi hanya akan dapat dicapai melalui kepemilikan Sumber Daya Manusia yang kuat dalam Penguasaan ilmu-ilmu yang mendasari teknologi, yaitu Matematika, Ilmu Pengetahuan Alam dan Bahasa Global yaitu Bahasa Inggris.
Hal ini selaras dengan Visi SMP Negeri 1 Yosowilangun, yaitu: “BERPRESTASI, TERAMPIL, BERBUDAYA, BERWAWASAN IPTEK BERLANDASKAN IMTAQ DAN LINGKUNGAN”.
Karena itu SMP Negeri 1 Yosowilangun pada Tahun Pelajaran 2010-2011 perlu melakukan terobosan perubahan menuju yang lebih baik, Yaitu melaksanakan Program Kelas Imersi (Immersion Class Program)
B. Pengertian
Program Kelas Imersi adalah Program kelas yang dirancang untuk pembiasaan membelajarkan siswa dan tenaga pendidik dengan pembelajaran Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam dalam Bahasa Global yaitu Bahasa Inggris secara bertahap dan berkesinambungan berbasis Multi Media dan Internet dengan tidak meninggalkan nilai-nilai dan budaya Indonesia yang ada serta pendidikan karakter yang sedang digalakkan oleh pemerintah.
C. Tujuan
Adapun tujuan pelaksanaan Program Kelas Imersi di SMP Negeri 1 Yosowilangun adalah:
1. Memberikan arah tujuan yang jelas dari Program Sekolah Standar Nasional (SSN), yaitu Peningkatan Mutu SDM sekolah dan Peserta Didik yang berakhlak mulia dan berwawasan IPTEK.
2. Mempersiapkan dan mengantar Lulusan SMP Negeri 1 Yosowilangun menuju ke sekolah yang berbasis Bilingual atau Sekolah Bertaraf Internasional (SBI)
3. Menghasilkan Lulusan yang berkompetensi dan berdaya saing tinggi dalam bidang Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam sebagai Ilmu Dasar bagi perkembangan teknologi.
4. Meningkatkan kemampuan dasar berbahasa inggris sebagai bahasa komunikasi global baik peserta didik maupun tenaga pendidik.
D. Komponen Pokok
Pada dasarnya pembelajaran dalam Program Kelas Imersi menggunakan sistem, yaitu sekolah sebagai sistem yang tersusun atas komponen-komponen baku yang saling terkait untuk mencapai suatu tujuan. Komponen-komponen tersebut adalah: Konteks, Input, Proses, Output dan Outcome.
1. Konteks
Konteks adalah Eksternalitas sekolah yang berpengaruh terhadap penyelenggaraan pendidikan yang meliputi kemajuan IPTEK, nilai dan harapan masyarakat, dukungan pemerintah, tuntutan globalisasi dan ekonomi dan tuntutan pengembangan diri. Karenanya sekolah harus mampu menginternalisasikannya ke sekolah untuk membuat sekolah sebagai bagian dari konteks tersebut. Jangan mengisolasi diri dari perkembangan luar.
2. Input
Input adalah segala hal yang diperlukan untuk berlangsungnya Proses, yang meliputi: Harapan Sekolah (Visi, Misi, Tujuan), Kurikulum, Ketenagaan, Peserta Didik, Sarana dan Prasarana, dana, peraturan perundang-undangan termasuk regulasi sekolah, struktur organisasi yang disertai deskripsi tugas dan fungsi, dan sistem administrasi.
3. Proses
Proses adalah kejadian berubahnya sesuatu menjadi sesuatu yang lain. Proses yang dimaksud meliputi proses belajar mengajar, manajemen sekolah dan kepemimpinan sekolah.
4. Output
Output adalah kinerja sekolah yaitu prestasi sekolah yang dihasilkan dari proses pendidikan di sekolah. Hal ini dapat diukur dari kualitas, efektifitas, produktivitas, efisiensi dan inovasi dari sekolah baik di bidang akademik maupun di bidang non akademik.
5. Outcome
Outcome adalah dampak tamatan setelah kurun waktu agak lama, yaitu meliputi kesempatan melanjutkan sekolah, kesempatan kerja, pengembangan diri, dan pengembangan sosial dan ekonomi masyarakat.
INFO LENGKAP KELAS IMERSI KLIK SINI